
Kopma UGM memiliki sejarah historis yang panjang sejak tahun 1982 dan telah menjadi Organsisasi Kemahasiswaan yang memberikan wadah nayata bagi pengembangan kewirausahaan maupun aktivitas berkoperasi bagi mahasiswa. Peran strategis KOPMA tersebut juga dipandang penting oleh universitas apalagi seiring dengan era digital dan tantangan jaman, KOPMA harus mampu beradaptasi dengan tantangan tersebut. Perubahan model binis dan pengembangan produk dan strategi pemasaran menjadi hal penting yang pelru dilakukan.
Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr. Hempri Suyatna mengatakan bahwa dalam rangka meghadapi tantangan jaman ini, perlu mendorong KOPMA menjadi lebih kreatif dan inklusif. Sejak awal tahun ini, KOPMA sudah mengembangkan UGM Shop yang berada di Gelanggang Inovasi Kreativitas (GIK) UGM. UGM Shop ini mengedepankan penjualan official merchandise UGM. Hal ini berbeda dengan KOPMA lalu yang mungkin lebih berorientasi pada penjualan produk sehari-hari. Selain itu, pada Bulan Juli juga akan lebih mengembangkan KOPMA menjadi lebih inklusif dengan memperluas keanggotan KOPMA tidak hanya untuk mahasiswa akan tetapi juga akan menggandeng alumni dan juga civitas akademika UGM secara lebih luas. Untuk menyiapkan proses transformasi tersebut, Direktorat Kemahasiswaaan UGM juga terus melakukan pendampingan kepada KOPMA.
Riyan Hadi Prawira, Koordinator Divisi Bisnis KOPMA UGM juga menambahkan bahwa seiring dengan proses transformasi KOPMA tersebut, saat ini pengurus telah menyiapkan strategi perbaikan internal dan eksternal. Dari sisi Internal saat ini KOPMA Tengah menyiapkan sistem keanggotaan yang terintegrasi dan juga akan bekerjamsama dengan mitra strategis. Anggota juga tidak hanya terbatas mahasiswa aktif saja. Setiap pembelian juga akan mendapat point belanja yang dapat ditukar dengan potongan harga/discount Ketika melakukan transaksi dengan mitra-mitra yang menjalin Kerjasama dengan KOPMA. Dari sisi eksternal juga akan dikembangakn berbagai varian bisnis, seperti pembuatan merchandise, kolaborasi peyediaan merchandise dengan Unit Kegiatan Mahasiswa, Program Kewirausahaan Mahasiswa, serta tempat pengembangan multi jasa kirim untuk mengirim barang kos atau KKN UGM. Jadi kalau ingin belanja merchandise UGM ya nanti orang cukup berbelanja di UGM Shop yang ada di GIK. Seiring dengan era digital, strategi pemasaran online juga akan terus dikembangkan melalui e-commerce.