Yogyakarta, 22 Mei 2024 – UKM Esports Universitas Gadjah Mada (UGM) mengukir prestasi membanggakan melalui timnya yang bernama “UGM Digdaya”, dengan meraih juara 1 dalam ajang Esports Campus League (ECL). ECL merupakan kejuaraan permainan Mobile Legends: Bang Bang yang dilaksanakan pada 6 hingga 19 Mei 2024 yang diikuti oleh 10 tim dari berbagai kampus di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Berikut anggota tim UGM Digdaya:
- Riefky Bagastria (Renin) – Fakultas Peternakan
- Evandhika Agna Maulana (Akane) – Fakultas Teknik
- Muhammad Zidane Septian Irsyadi (Dan) – Fakultas Teknik
- M. Naufal (Miruku) – Fakultas Peternakan
- Muhammad Auguzt Riansyah (Aero) – Fakultas Teknik
- Lanang Timur Anjo (Joezy) – Sekolah Vokasi
Usaha UKM Esports UGM untuk meraih gelar juara tidaklah mudah. Persiapan matang dilakukan oleh tim, termasuk latihan intensif, pengakraban antar pemain, dan evaluasi menyeluruh. Latihan luring dan scrim (latih tanding) menjadi agenda rutin untuk meningkatkan kekompakan dan kemampuan individu para atlet. UKM Esport juga memberikan dukungan penuh kepada para atletnya, mulai dari administrasi, akomodasi, konsumsi, tempat latihan hingga biaya pengeluaran lainnya. Hal ini dilakukan agar para atlet dapat fokus pada latihan dan pertandingan tanpa dibebani hal lain.
Ketua UKM Esports UGM, Yohanna Kayanaveda, menyatakan bahwa UKM Esports selalu mendorong anggotanya, baik pengurus, atlet, maupun talent, untuk mengembangkan diri, baik sebagai mahasiswa dengan kewajiban akademik, serta sebagai individu yang memiliki minat untuk berkecimpung dalam industri e-sports. Visi tersebut didukung dengan program kerja seperti melatih dan mendaftarkan atlet untuk mengikuti turnamen, pelatihan untuk talent dan pengurus mengenai dunia e-sports, serta mengadakan turnamen-turnamen untuk mewadahi minat dan bakat dari para atlet.
“Karena UKM Esports memiliki tagline gamer intelek, maka harapan kami kedepannya adalah terus memunculkan bibit-bibit unggul dalam bidang ESports sekaligus akademik, tidak hanya sebagai atlet atau pro player, tetapi juga sebagai individu yang siap menerapkan intelektualitasnya ke industri e-sports,” ucap Yohanna.
Prestasi UKM Esports UGM patut diapresiasi sebagai bukti nyata bahwa e-sports bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga bisa menjadi wadah pengembangan diri dan prestasi. Diharapkan dengan prestasi ini, UGM Esports dapat terus menginspirasi generasi muda untuk berkarya dan berprestasi di bidang e-sports.