• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Library
  • Research
  • Webmail
  • ID
    • ID
    • EN
Universitas Gadjah Mada Direktorat Kemahasiswaan
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • TENTANG DITMAWA
    • Profil DITMAWA
    • Struktur Organisasi
  • Fasilitas Kemahasiswaan
  • LAYANAN
  • PRESTASI
    • PRESTASI 2024
    • PRESTASI 2023
    • PRESTASI 2022
    • PRESTASI 2021
    • PRESTASI 2020
    • PRESTASI 2019
    • PRESTASI 2018
    • PRESTASI 2017
    • PRESTASI 2016
    • PRESTASI 2015
  • Berkas
  • Publikasi
  • Beranda
  • Berita Slider
  • UKM eSports UGM jadi Tuan Rumah Infinix AI – Campus Connect 2025

UKM eSports UGM jadi Tuan Rumah Infinix AI – Campus Connect 2025

  • Berita Slider, Berita Slider KKM, Kegiatan dan Kelembagaan Mahasiswaan, Kegiatan Organisasi Mahasiswa
  • 28 Mei 2025, 17.12
  • Oleh: yuana.putra
  • 0

Yogyakarta, 27 Mei 2025 – Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi pusat diskusi teknologi melalui acara Infinix AI – Campus Connect 2025 yang digelar di Gedung Notonagoro. Acara yang merupakan kolaborasi antara Infinix Indonesia dan UKM eSports UGM ini mengusung tema “Create Smarter, Work Faster” untuk mengupas peran Artificial Intelligence (AI) sebagai alat kreativitas dan refleksi etis.

Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Widyastuti Purbani, M.Hum., selaku Wakil Dekan Fakultas Filsafat UGM dan sekaligus Dosen Pembina UKM Esports UGM. Dalam sambutannya, beliau menyoroti kepedulian Fakultas Filsafat terhadap perkembangan etika AI. “Banyak penelitian tugas akhir mahasiswa Filsafat yang sekarang mengangkat tema-tema AI dan eSports. Kami melihat ini sebagai ruang diskusi penting, agar teknologi tetap berpihak pada nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Dr. Widyastuti. Beliau juga menekankan bahwa eSports, sebagai bagian dari budaya digital generasi muda, menjadi titik temu yang menarik antara filsafat, teknologi, dan kreativitas. Tidak heran jika UKM eSports UGM kini menjadi salah satu UKM yang paling adaptif dan relevan terhadap perkembangan zaman.
Sesi talkshow menjadi puncak acara dengan menghadirkan tiga narasumber yang memberikan perspektif berbeda mengenai AI. Ketiga narasumber tersebut yaitu Sergio Ticoalu (Head of Marketing, Infinix Indonesia), Koko Ardianto (Tech Creator & AI Enthusiast), dan Reza Erfit (Tech Enthusiast).

Sergio Ticoalu dari Infinix menekankan pentingnya mempertahankan sentuhan manusia yang unik. Menurutnya, yang membedakan manusia dari AI adalah “taste” atau kepekaan rasa yang tidak bisa ditiru. “Gunakan AI sesuai kreativitas kalian. Tapi jangan lupakan hati dalam berkarya. Karena AI bisa meniru, tapi rasa—taste—itu cuma manusia yang punya,” pesan Sergio.

Melengkapi hal tersebut, Koko Ardianto berbagi pengalaman praktisnya sebagai konten kreator. Ia menjelaskan bagaimana AI sangat membantunya dalam menyusun skrip serta caption media sosial dengan gaya bahasa Gen Z dan memantau tren dalam hitungan menit.
Sementara itu, Reza Erfit selaku tech enthusiast membawa diskusi ke ranah yang lebih praktikal bagi mahasiswa. Beliau membahas bagaimana AI dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan akademis, seperti membantu menyusun kerangka dan mencari referensi untuk skripsi. Lebih lanjut, Reza juga memberikan tips konkret mengenai cara memanfaatkan berbagai tools AI untuk membuat konten video secara efisien, mulai dari pembuatan naskah hingga proses penyuntingan gambar.

Melalui acara ini, Infinix dan UGM menyelenggarakan sebuah forum yang tidak hanya memperkenalkan teknologi canggih, tetapi juga mengajak peserta untuk berpikir kritis tentang bagaimana AI dapat digunakan secara bertanggung jawab dan bermakna. Kolaborasi antara industri, akademisi, dan komunitas mahasiswa ini membuktikan pentingnya sinergi dalam membentuk ekosistem AI yang etis dan kreatif di Indonesia. Sebagai penutup, kemeriahan acara dilengkapi dengan kompetisi Fun Match Mobile Legends yang menawarkan hadiah menarik bagi para pemenang.

Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT KEMAHASISWAAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara
Bulaksumur, Yogyakarta
Indonesia, 55281
Telp: (+62 274) 6492613,
Faks: (+62 274) 554128

Tentang Ditmawa

  • Profil Ditmawa
  • Struktur Organisasi

Program Ditmawa

  • Kreativitas Mahasiswa
  • Pengembangan Karakter Mahasiswa
  • Kegiatan dan Kelembagaan Mahasiswa
  • Kesejahteraan Mahasiswa

Fasilitas Kemahasiswaan

  • Fasilitas Kemahasiswaan

Direktori

  • Informasi Publik
  • Kreativitas Mahasiswa
  • Organisasi dan Fasilitas

© 2017 Direktorat Kemahasiswaan

ContactTerm of Use

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju