• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Library
  • Research
  • Webmail
  • ID
    • ID
    • EN
Universitas Gadjah Mada Direktorat Kemahasiswaan
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • TENTANG DITMAWA
    • Profil DITMAWA
    • Struktur Organisasi
  • Fasilitas Kemahasiswaan
  • LAYANAN
  • PRESTASI
    • PRESTASI 2024
    • PRESTASI 2023
    • PRESTASI 2022
    • PRESTASI 2021
    • PRESTASI 2020
    • PRESTASI 2019
    • PRESTASI 2018
    • PRESTASI 2017
    • PRESTASI 2016
    • PRESTASI 2015
  • Berkas
  • Publikasi
  • Beranda
  • Berita Slider
  • UKM eSports UGM jadi Tuan Rumah Infinix AI – Campus Connect 2025

UKM eSports UGM jadi Tuan Rumah Infinix AI – Campus Connect 2025

  • Berita Slider, Berita Slider KKM, Kegiatan dan Kelembagaan Mahasiswaan, Kegiatan Organisasi Mahasiswa
  • 28 Mei 2025, 17.12
  • Oleh: yuana.putra
  • 0

Yogyakarta, 27 Mei 2025 – Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi pusat diskusi teknologi melalui acara Infinix AI – Campus Connect 2025 yang digelar di Gedung Notonagoro. Acara yang merupakan kolaborasi antara Infinix Indonesia dan UKM eSports UGM ini mengusung tema “Create Smarter, Work Faster” untuk mengupas peran Artificial Intelligence (AI) sebagai alat kreativitas dan refleksi etis.

Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Widyastuti Purbani, M.Hum., selaku Wakil Dekan Fakultas Filsafat UGM dan sekaligus Dosen Pembina UKM Esports UGM. Dalam sambutannya, beliau menyoroti kepedulian Fakultas Filsafat terhadap perkembangan etika AI. “Banyak penelitian tugas akhir mahasiswa Filsafat yang sekarang mengangkat tema-tema AI dan eSports. Kami melihat ini sebagai ruang diskusi penting, agar teknologi tetap berpihak pada nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Dr. Widyastuti. Beliau juga menekankan bahwa eSports, sebagai bagian dari budaya digital generasi muda, menjadi titik temu yang menarik antara filsafat, teknologi, dan kreativitas. Tidak heran jika UKM eSports UGM kini menjadi salah satu UKM yang paling adaptif dan relevan terhadap perkembangan zaman.
Sesi talkshow menjadi puncak acara dengan menghadirkan tiga narasumber yang memberikan perspektif berbeda mengenai AI. Ketiga narasumber tersebut yaitu Sergio Ticoalu (Head of Marketing, Infinix Indonesia), Koko Ardianto (Tech Creator & AI Enthusiast), dan Reza Erfit (Tech Enthusiast).

Sergio Ticoalu dari Infinix menekankan pentingnya mempertahankan sentuhan manusia yang unik. Menurutnya, yang membedakan manusia dari AI adalah “taste” atau kepekaan rasa yang tidak bisa ditiru. “Gunakan AI sesuai kreativitas kalian. Tapi jangan lupakan hati dalam berkarya. Karena AI bisa meniru, tapi rasa—taste—itu cuma manusia yang punya,” pesan Sergio.

Melengkapi hal tersebut, Koko Ardianto berbagi pengalaman praktisnya sebagai konten kreator. Ia menjelaskan bagaimana AI sangat membantunya dalam menyusun skrip serta caption media sosial dengan gaya bahasa Gen Z dan memantau tren dalam hitungan menit.
Sementara itu, Reza Erfit selaku tech enthusiast membawa diskusi ke ranah yang lebih praktikal bagi mahasiswa. Beliau membahas bagaimana AI dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan akademis, seperti membantu menyusun kerangka dan mencari referensi untuk skripsi. Lebih lanjut, Reza juga memberikan tips konkret mengenai cara memanfaatkan berbagai tools AI untuk membuat konten video secara efisien, mulai dari pembuatan naskah hingga proses penyuntingan gambar.

Melalui acara ini, Infinix dan UGM menyelenggarakan sebuah forum yang tidak hanya memperkenalkan teknologi canggih, tetapi juga mengajak peserta untuk berpikir kritis tentang bagaimana AI dapat digunakan secara bertanggung jawab dan bermakna. Kolaborasi antara industri, akademisi, dan komunitas mahasiswa ini membuktikan pentingnya sinergi dalam membentuk ekosistem AI yang etis dan kreatif di Indonesia. Sebagai penutup, kemeriahan acara dilengkapi dengan kompetisi Fun Match Mobile Legends yang menawarkan hadiah menarik bagi para pemenang.

Start here

  • about
  • Annual Report Subdit Kreativitas Mahasiswa Ditmawa UGM 2016
  • Aturan Pengguna
  • Beranda
  • Beranda copy 3
  • Beranda copy 4
  • Buku Kreasi, Inovasi, dan Prestasi Mahasiswa UGM 2016
  • Buku Kumpulan Poster Kontingen PIMNAS XXIX UGM
  • Buku Panduan PIMNAS XXIS
  • Buletin Nawala Kreativitas
  • Buletin Nawala Kreativitas Edisi 13 Tahun 2017
  • Calendar
  • Calendar
  • Calendar
  • Company Profile Subdit Kreativitas Mahasiswa
  • direktori
  • Download
  • Download Aplikasi Android Subdit Kreativitas Mahasiswa
  • Fasilitas Kemahasiswaan
  • Fasilitas Kemahasiswaan
  • Form Pendaftaran Olimpiade Sains Daerah 2016 dari Universitas Gadjah Mada
  • Galeri Dokumentasi Bootcamp ON MIPA Mei 2016
  • Galeri Dokumentasi Monitoring Evaluasi Juni 2016
  • Galeri Dokumentasi Pelatihan PIMNAS XXIX
  • Galeri Dokumentasi PIMNAS XXIX di Bogor
  • Galeri Foto Kegiatan Subdit Kreativitas Mahasiswa
  • Galeri Video Subdit Kreativitas Mahasiswa
  • Gallery
  • Informasi Publik
  • Karakter
  • Kegiatan da kelembagaan Mahasiswa
  • KEGIATAN MAHASISWA
  • Kesejahteraan
    • testing anak kesejahteraan
  • Kesejahteraan Mahasiswa
  • Konfirmasi Kehadiran
  • Kontak
  • Kreativitas
  • Kreativitas Mahasiswa
  • Kreativitas Mahasiswa
  • Mobile preview
  • Nawala Kreativitas Edisi 12 Tahun 2017
  • Organisasi dan Fasilitas
  • Organization & Facilities
  • PANDUAN LAYANAN
    • Kegiatan Mahasiswa Peduli Difabel
    • Layanan advokasi hukum kepada mahasiswa
    • Layanan Kesehatan dan Bimbingan Konseling Mahasiswa
    • Layanan penitipan anak bagi mahasiswa berstatus ibu
    • PEDOMAN PELAYANAN FASILITAS GELANGGANG MAHASISWA
    • PEDOMAN PELAYANAN BEASISWA
    • PEDOMAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI
    • PEDOMAN PROGRAM BANTUAN DANA UNTUK KEGIATAN KEMAHASISWAAN
    • PEDOMAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA/ PEKAN ILMIAH MAHASISWA NASIONAL
    • PEDOMAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
  • Pendaftaran Jawara 2016
  • PENDAFTARAN KEGIATAN KEMAHASISWAAN
  • Pendaftaran Sekolah Ormawa
  • Pendataan Rekening PKM
  • Pengembangan Karakter Mahasiswa
  • PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK
  • Prestasi
  • PRESTASI 2016
  • Prestasi 2022
  • PRESTASI 2023
  • PRESTASI 2024
  • Profil DITMAWA
  • Profil Subdit Kreativitas Mahasiswa UGM
  • Publikasi
  • Publikasi
  • REKAP PRESTASI DAN PKM-PIMNAS UGM 2016
  • Sahabat Percepatan Peningkatan Kepemimpinan Mahasiswa (SP2KM)
  • Sambutan Direktur Kemahasiswaan
  • SANG JUARA 2019
  • SANG JUARA 2020
  • SANG JUARA 2021
  • SANG JUARA UGM 2015
  • SANG JUARA UGM 2016
  • SANG JUARA UGM 2017
  • SANG JUARA UGM 2018
  • SK Komunitas Arjuna 2016
  • SK Komunitas Bimasakti 2016
  • SK Komunitas Gamaforce 2016
  • SK Komunitas GMRT 2016
  • SK Komunitas KMHE 2016
  • SK Komunitas ON-MIPA 2016
  • SK Rektor Tentang Mahasiswa Berprestasi
  • Struktur Organisasi
  • Submission Confirmed
  • Tata Laksana Organisasi Kemahasiswaan
  • Tim Kreatif
  • Video Aksi Kontingen UGM pada PIMNAS XXIX
  • Video Pelatihan Intensif Kontingen UGM untuk PIMNAS XXIX
  • VIDEO Perjalanan Kontingen UGM pada PIMNAS XXIX
  • Unduh Berkas
  • Donasi
  • Kontak Kami
  • Beasiswa BKM
  • Beasiswa Supersemar 2008
  • Beasiswa BP Migas-KKS
  • Beasiswa Komatsu
  • Beasiswa Marubeni
  • Beasiswa BRI
  • Beasiswa Prestasi
  • BBM dan PPA
Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT KEMAHASISWAAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara
Bulaksumur, Yogyakarta
Indonesia, 55281
Telp: (+62 274) 6492613,
Faks: (+62 274) 554128

© 2017 Direktorat Kemahasiswaan

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY