• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Library
  • Research
  • Webmail
  • ID
    • ID
    • EN
Universitas Gadjah Mada Direktorat Kemahasiswaan
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • TENTANG DITMAWA
    • Profil DITMAWA
    • Struktur Organisasi
  • Fasilitas Kemahasiswaan
  • LAYANAN
  • PRESTASI
    • PRESTASI 2024
    • PRESTASI 2023
    • PRESTASI 2022
    • PRESTASI 2021
    • PRESTASI 2020
    • PRESTASI 2019
    • PRESTASI 2018
    • PRESTASI 2017
    • PRESTASI 2016
    • PRESTASI 2015
  • Berkas
  • Publikasi
  • Beranda
  • PANDUAN LAYANAN
  • PEDOMAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

PEDOMAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

  • 27 Februari 2018, 13.34
  • Oleh:
  • 0

A. Pengantar

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( DIKTI) yang ditujukan kepada seluruh perguruan tinggi negeri dan beberapa perguruan tinggi swasta yang terseleksi. Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang mengikuti program tersebut dan menangkap fenomena wirausaha sebagai sebuah isu yang perlu digarap secara serius.

Senada dengan tujuan Program Mahasiswa Wirausaha, Universitas Gadjah Mada berkomitmen untuk meningkatkan semangat, bekal pengetahuan, ketrampilan, dan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa serta mendorong terbentuknya mahasiswa wirausaha yang terdidik, berkarakter, dan memiliki konsep bisnis yang jelas untuk mempercepat pertumbuhan pembangunan ekonomi bangsa menuju bangsa yang mandiri dan sejahtera.

Pada tahun 2016 ini PMW mulai diselenggarakan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau pada tahun sebelumnya pelaksanaan PMW murni mengacu panduan yang dikeluarkan oleh DIKTI, maka pada tahun ini pelaksanaan PMW merupakan integrasi dari berbagai kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan. Setelah peserta/kelompok usaha mengikuti berbagai kegiatan dan yang dinilai memenuhi syarat maka diberikan hibah modal usaha sesuai dengan jumlah proposal yang diajukan.

B. Pengertian Kewirausahaan

Semangat sikap kemampuan seseorang dalam menagani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya  mencari , menciptakan ,menerapkan carakerja, tekhnologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

C. Tujuan

  1. Mendorong terbentuknya mahasiswa wirausaha yang terdidik, berkarakter, dan memiliki konsep bisnis yang jelas untuk mempecepat pertumbuhan pembngunan ekonomi bangsa menuju bangsa yang mandiri dan sejahtera
  2. Mendorongperkembangan dan pertumbuhan kelembagaan pengelola program  kewirausahaan di perguruan tinggi
  3. Mendorong terbentuknya model pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi

D. Manfaat

  1. Bagi Mahasiswa: memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat dunia kerja wirausaha
  2. Bagi Perguruan Tinggi: Meningkatkan kemampuan bagi perguruan tinggi dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan
  3. Mempererat hubungan antara dunia akademis dan  dunia usaha khususnya UKM
  4. Menghasilkan wirausaha muda pencipta lapangan kerja dan calon pengusaha sukses masa depan

E. Ruang Lingkup

Mahasiswa UGM yang terdiri dari perwakilan fakultas semester IV dan sekolah vokasi ke atas, UKM, peserta PKMK ataupun mahasiswa yang berminat untuk mengikuti wirausaha

F. Latar Belakang

  1. Angka pengangguran sarjana makin tinggi
  2. Perguruan tinggi hanya mencetak pencari kerja
  3. PengembanganEntrepreneurship

G. Referensi:

Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha, tahun 2013, 2014, 2015, Panduan Dikti 2017

H. Istilah dan Definisi

PMW adalah Program Mahasiswa Wirausaha yang mengelola mahasiswa dan   memfasilitasi mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha dan memulai usaha  dengan basis ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni.

  1. Pihak yang terkait
  2. Perguruan Tinggi
  3. Dosendan karyawan
  4. Mahasiswa

 

I. Mekanismekegiatan

Kegiatan PMW UGMdilakukan sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan dengan penjelasan pelaksanaan kegiatan sebagai berikut

  1. Sosialisasi

Sosialisasi adalah metode yang digunakan untuk  menjaring peserta yang akan berpartisipasi dalam kegiatan kewirausahaan dengan cara menyebarkan informasi PMW  di UGM melalui beberapa cara, yakni melalui media sosial (Website,facebookdan twitter), website resmi, poster,spanduk,pesan singkat yang ditujukan langsung bagi mahasiswa yang telah mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K)dan digelar acara Sosialisasi PMW dengan mengundang mahasiswa UGM secara langsung, bila diperlukan. Dalam  sosialisasi disampaikan informasi tentang kewirausahaan di perguruan tinggi, Pedoman PMW dan penjadwalan program yang meliputi pendaftaran, seleksi, pendanaan, dan proses pendampingan yang akan dilakukan selama kegiatan PMW.

  1. Seleksi

Kegiatan ini bertujuan untuk menilai kelayakan rencana usaha yang akan dijalankan dan melakukan verivikasi kemampuan personal dalam mengelola bisnis, untuk selanjutnya lolos ke tahap berikutnya.

Pola rekruitmen mahasiswa Program Mahasiswa Wirausaha UGM  melalui pendaftaran calon peserta PMW  Via online www.ditmawa.ugm.ac.iddengan  penjaringan peminatan mahasiswa melalui 2 (dua) tahap:

1)  Tahap I (seleksi administrasi) berupa   penilaian  proposal dengan metode desk evaluation

2)  Tahap II (Seleksi Wawancara dan Presentasi). Tahap ini berupa presentasi dandiskusirencana usaha.Para mahasiswa dipersilahkanmenyampaikanrencana usahanya dalam bentuk presentasi. Waktu yang diberikan sekitar 5-10 menit, kemudian  dilanjutkan wawancara oleh reviewer yaitu dosen Universitas Gadjah Mada.

 

Adapun indikator yang digunakanuntukmenilai kelayakan mahasiswacalon pesertaPMW meliputi:

  1. 4P3C (product, promotion, place, price),
  2. Analisis usaha (strength, weakness, opportunity, threat),
  3. Rencana kerja (struktur organisasi, teknis operasional, rencana anggaran modal
  4. Usaha, rencana arus kas, rencana keberlanjutan usaha).

Berikut  adalah table penilaian seleksi wawancara dan presentasi

Tabel Bobot Penilaianseleksi wawancara dan presentasi

Deskripsi Uraian yang dinilai Bobot penilaian (%)
4P3C Product 10
  Promotion 10
  Place 5
  Price 5
Analisis Usaha Strength 5
  Weakness 5
  Opportunity 5
  Threat 5
Rencana kerja Struktur organisasi 5
  Teknis operasional 10
  Rencana anggaran modal usaha 5
  Rencana arus kas 10
  Rencana keberlanjutan usaha 5

3. Pembekalan

Pembekalan merupakan rangkaian kegiatan atau tahapan pelaksanaan Program mahasiswa Wirausaha dan syarat untuk mendapatkan hibah modal usaha.

Tujuannya diselenggarakan pembekalan adalah meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri serta ketrampilan berwirausaha. Kegiatan ini terdiri dari 2 tahap yaitu:

1) Focus Group Discussion (FGD)

2) Outbound

4. Sekolah Kewirausahaan

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar, workshop, FGD, dan kegiatan lain, dimana mahasiswa dapat bertemu, belajar, dan berkonsultasi langsung dengan Dosen, CEO, Manajer, Bussines Owner, Founder dan Co-founder perusahaan perusahaan ternama.

5. Hibah Modal Usaha

Mekanisme  pencairan hibah modal usaha bersyarat dibagi menjadi 3 tahap yaitu:

  1. a) Tahap I sebesar 40 % ditransfer ke rekening ketua peserta PMW setelah lolos mengikuti pembekalan dan sekolah kewirausahaan;
  2. b) Tahap II sebesar 30 % ditransfer ke rekening ketua peserta PMW setelah lolos monitoring dan evaluasi tahap 1 serta menyerahkan laporan kemajuan usaha;
  3. c) Tahap III sebesar 30 % ditransfer ke rekening ketua peserta PMW setelah lolos monitoring dan evaluasi tahap 2, mengikuti expo kewirausahaan pada kegiatan Entrepreneurship event dan menyerahkan laporan akhir usaha;

6.  Monitoring dan evaluasi

1) Monev tahap I:  Dilaksanakan setelah dana tahap I cair. Metode monitoring yang dilakukan yaitu wawancara oleh tim pengelola Program Mahasiswa Wirausahaberdasarkan form evaluasi monitoring dan evaluasi yang telah diisikan oleh peserta Program Mahasiswa Wirausaha. Hasil monitoring dan evaluasi ini yang kemudian menjadi pedoman untuk penurunan dana tahap berikutnya;

2) Monev tahap II.: Dilaksanakan setelah dana tahap II cair. Metode yang dilakukan dengan desk evaluation dan kunjungan langsung pada saat  Expo kewirausahaan serta mengisi form monev.

7.  Pendampingan

Pendampingan yang dilakukan dalam PMW UGM ini diberikan oleh dosen/ tim taskforce  yang memiliki kapasitas sesuai dengan bidang usaha masing-masing peserta PMW UGM. Bentuk pendampingan berupa FGD yang didampingi oleh tim taskforceyang terdiri dari dosen Universitas Gadjah Mada

  1. Entrepreneurship event

Entrepreneurship eventmerupakan tahapan akhir dari kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha., kegiatan ini dibagi menjadi 2 yaitu:

1.Talkshow/seminar

2.Expo produk Program Mahasiswa Wirausaha

Universitas Gadjah Mada

DIREKTORAT KEMAHASISWAAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara
Bulaksumur, Yogyakarta
Indonesia, 55281
Telp: (+62 274) 6492613,
Faks: (+62 274) 554128

Tentang Ditmawa

  • Profil Ditmawa
  • Struktur Organisasi

Program Ditmawa

  • Kreativitas Mahasiswa
  • Pengembangan Karakter Mahasiswa
  • Kegiatan dan Kelembagaan Mahasiswa
  • Kesejahteraan Mahasiswa

Fasilitas Kemahasiswaan

  • Fasilitas Kemahasiswaan

Direktori

  • Informasi Publik
  • Kreativitas Mahasiswa
  • Organisasi dan Fasilitas

© 2017 Direktorat Kemahasiswaan

ContactTerm of Use

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju