Ditmawa UGM

PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA

PROGRAM UNGGULAN SUBDIREKTORAT PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA DIREKTORAT KEMAHASISWAAN UGM 2016


Menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Subdirektorat Pengembangan Karakter Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (Subdit Karakter Ditmawa UGM) telah menyiapkan berbagai strategi yang tertuang dalam program-program unggulan di tahun 2016. Evaluasi dan analisis permasalahan pada kegiatan di tahun sebelumnya dijadikan dasar perbaikan dan pengembangan sehingga kegiatan di tahun ini menjadi lebih inovatif mendorong terbentuknya karakter mahasiswa yang sesuai dengan nilai-nilai ke-UGM-an.

Melalui rapat kerja yang dilaksanakan secara maraton baik internal maupun dengan taskforce inti yang terdiri dari tenaga ahli dan pakar di bidang kemahasiswaan, program-program Subdit Karakter Ditmawa UGM dirancang menjadi lebih matang dan komprehensif. Antusiasme dan semangat membangun jatidiri bangsa melalui pengembangan karakter mahasiswa di lingkungan Universitas Gadjah Mada mewarnai kegiatan yang dilaksanakan di awal Bulan Januari 2016 tersebut.



Suasana Rapat Kerja Subdit Karakter Mahasiswa UGM

Suasana Rapat Kerja Subdit Karakter Mahasiswa UGM

Beberapa program/kegiatan yang ditawarkan dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa UGM antara lain :

  1. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa, terdiri dari beberapa kegiatan utama yaitu Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), seminar/workshop/FGD/klinik kewirausahaan, Entrepreneurship event yang berisi pameran kewirausahaan mahasiswa, dan diskusi/talkshow kewirausahaan. Dalam rangka mengangkat prestasi dan reputasi UGM, juga akan dikirimkan delegasi pada kompetisi kewirausahaan baik tingkat nasional maupun internasional. Seluruh kegiatan tersebut diupayakan mampu menumbuhkembangkan semangat kemandirian dan jiwa kewirausahaan, serta keberanian dalam mewujudkan ide kreatif berwirausaha bagi mahasiswa UGM. Tahapan kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan ini meliputi :
    1. Sosialisasi dan diskusi/talkshow kewirausahaan;
    2. Tahap seleksi;
    3. Pembekalan dan outbound entrepreneurship;
    4. Seminar/klinik kewirausahaan;
    5. Pemberian hibah kewirausahaan;
    6. Kegiatan monitoring dan evaluasi baik internal maupun ekternal; dan
    7. Partisipasi dalam kompetisi kewirausahaan.
  2. Sahabat Percepatan Pengembangan Kepemimpinan Mahasiswa (SP2KM), merupakan kegiatan yang bertujuan memempercepat peningkatan kualitas kepemimpinan mahasiswa dalam rangka pembangunan karakter mahasiswa UGM yang sesuai dengan nilai-nilai UGM. Tahapan kegiatan SP2KM meliputi :
    1. Sosialisasi dan diskusi/talkshow kepemimpinan;
    2. Seleksi administrasi, wawancara, dan leaderless group discussion (LGD);
    3. Kuliah perdana;
    4. Outbound inisiasi;
    5. Pelatihan special management skills (manajemen diri) dan advances thinking skills (berpikir lanjut);
    6. Pelatihan leadership attitude (pembentukan sikap kepemimpinan);
    7. Leadership camp (kemah kepemimpinan);Pelatihan big brothers and big sisters (menjadi fasilitator dan kaderisasi pemimpin);
    8. Praktik kepemimpinan & hibah karya anak bangsa; dan
    9. Intensive group discussion (diskusi kelompok intensif) untuk beberapa tema strategis.
  3. Pekan penerimaan mahasiswa baru, Dharma Bakti Kampus (DBK), dan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB), merupakan bagian dari kegiatan akademik UGM yang berorientasi pada nilai-nilai luhur dan jati diri universitas serta mengedepankan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertindak dan pengendalian emosi, anti kekerasan baik secara fisik, verbal, maupun mental, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, dan kebhinekaan. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan membangun mahasiswa baru untuk menjadi pembelajar sukses. Sejak tahun 2012, PPSMB UGM bersifat wajib bagi seluruh mahasiswa baru UGM yang merupakan bagian dari persyaratan kelulusan. Rangkaian kegiatan PPSMB UGM tahun 2016 terdiri dari:
    1. Dharma Bakti Kampus, ditujukan untuk mahasiswa yang belum lulus PPSMB;
    2. Upacara Penerimaan mahasiswa baru;
    3. Kuliah perdana pascasarjana;
    4. Pembukaan PPSMB UGM;
    5. Temu orang tua mahasiswa baru dengan pimpinan Universitas;
    6. Pelaksanaan PPSMB yang terdiri dari materi Universitas, Fakultas, dan softskills;
    7. Upacara Penutupan PPSMB UGM.
  4. Pelatihan Public Speaking dan Protokol, merupakan kegiatan pelatihan yang ditujukan khususnya kepada aktivis mahasiswa dan mahasiswa umum. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum, berorasi, maupun menangani suatu acara dengan benar dan sesuai prosedur.

  5. Sasana Debat Mahasiswa (SADEWA), merupakan salah satu Program Lomba Pengembangan Karakter bagi mahasiswa UGM yang bertujuan untuk melatih mahasiswa berpikir kritis dan mengemukakan pendapat secara santun, sistematis, dan tepat sasaran. Tahapan kegiatan SADEWA meliputi:
    1. Sosialisasi dan diskusi/talkshow terkait program;
    2. Seleksi peserta lomba;
    3. Pelaksanaan kegiatan perlombaan, dilaksanakan dalam versi Bahasa Inggris dan Indonesia; dan
    4. Grand final lomba dan penyerahan hadiah.
  6. Lomba Poster dan Video Iklan Layanan Masyarakat, juga merupakan bagian dari agenda Program Lomba Pengembangan Karakter bagi mahasiswa UGM yang bertujuan meningkatkan kualitas karakter dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu mengaktualisasikan ide dan pesan moral bagi masyarakat umum untuk kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi:
    1. Sosialisasi dan diskusi/talkshow terkait program
    2. Seleksi peserta lomba;
    3. Pelaksanaan kegiatan perlombaan, termasuk kegiatan penjurian atau penilaian;
    4. Grand final lomba dan penyerahan hadiah.

Kegiatan-kegiatan yang telah dirancang di tahun 2016 ini dipersembahkan kepada seluruh mahasiswa UGM, dan diharapkan dapat mendorong terbentuknya karakter mahasiswa UGM yang sesuai dengan jatidiri dan nilai-nilai Bangsa Indonesia. Partisipasi aktif semua pihak khususnya mahasiswa sangat diharapkan untuk tercapainya tujuan ini.