Ditmawa UGM

FASILITAS KEMAHASISWAAN

Fasilitas Penunjang Kegiatan Mahasiswa


Universitas Gadjah Mada menyediakan pelayanan fasilitas untuk mendukung pembinaan minat dan bakat mahasiswa, seperti fasilitas-fasilitas penunjang berikut:


1. Stadion Pancasila

Stadion ini terletak di kawasan lembah UGM dan digunakan untuk kegiatan sepak bola, atletik, hoki, serta kegiatan-kegiatan lain yang diizinkan Rektor UGM. Stadion ini dapat digunakan oleh mahasiswa dan sivitas akademika UGM serta masyarakat umum atas izin Rektor UGM.

2. Lapangan Tenis dan Badminton

Lapangan ini berlokasi di lembah UGM dan digunakan oleh Unit Tenis UGM, mahasiswa, dan sivitas akademika UGM lainnya. Pihak luar diperkenankan memakai lapangan tenis UGM setelah mendapatkan izin dari Rektor UGM.



3. Gelanggang Mahasiswa

Gelanggang Mahasiswa terdiri atas ruang Sekretariat Manajemen Gelanggang dan Sekretariat UKM, ruang rapat, dan hall. Manajemen Gelanggang berkaitan dengan pelayanan izin penggunaan fasilitas kemahasiswaan. Ruang sekretariat digunakan untuk sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sedangkan hall digunakan untuk kegiatan bola basket, voli, bulu tangkis, hoki, dan bela diri. Kegiatan kesenian menempati ruang kesenian. Jadwal peminjaman telah diatur Manajer Gelanggang Mahasiswa bekerja sama dengan Forum Komunikasi UKM. Untuk peminjaman di luar jadwal, UKM atau unit lain yang bersangkutan harus mengajukan surat permohonan atau surat izin kepada Direktur Kemahasiswaan melalui Manajer Gelanggang Mahasiswa dan fasilitas kemahasiswaan.



Prosedur pemakaian lapangan dan ruang di Gelanggang Mahasiswa

Adapun prosedur untuk peminjaman atau pemakaian fasilitas lapangan dan ruangan di Gelanggang adalah sebagai berikut:

1. Pemohon harus mewakili suatu klub, UKM, atau Ketua Kegiatan di lingkungan UGM. Pemohon bukan atas nama perorangan.

2. Sebelum mengajukan surat izin, pemohon harus memesan lapangan/ ruang yang akan dipakai pada Manajer Gelanggang dan Fasilitas Kemahasiswaan, telepon (0274)6492585.

3. Pemohon mengajukan izin untuk pemakaian lapangan/ruang yang ditujukan kepada Direktur Kemahasiswaan UGM melalui Manajer Gelanggang Mahasiswa dan fasilitas kemahasiswaan. Selambat-lambatnya izin diajukan tujuh hari sebelum tanggal pemakaian, dengan menyebutkan hari, waktu yang dikehendaki, bentuk kegiatan, dan menyelesaikan proses administrasi di Kantor Manajer Gelanggangdan Fasilitas Kemahasiswaan. Surat permohonan izin pemakaian tersebut harus diketahui oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan atau Wakil Dekan yang lain bagi mahasiswa pemakai dari fakultas lingkungan UGM, atau Wakil Dekan Bidang Administrasi atau Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas yang bersangkutan bagi karyawan pemakai di lingkungan UGM, atau Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa dan Presiden BEM-KM bagi Badan Eksekutif Mahasiswa – Keluarga Mahasiswa.

4. Direktorat Kemahasiswaan melalui Manajer Gelanggang Mahasiswa dan fasilitas kemahasiswaan akan menerbitkan izin pemakaian lapangan/ ruang apabila sudah mendapat persetujuan Direktur Kemahasiswaan.

5. Izin pemakaian lapangan/ruang harus ditunjukkan kepada petugas di lapangan/ruang pada waktu pelaksanaan kegiatan.

6. Pemakai lapangan/ruang dikenai sumbangan dana pemeliharaan yang besarnya ditentukan oleh pengelola.